Selasa, 09 November 2010 | 23.32 | 1 Comments

Indonesia Memimpin Asean


 

Indonesia menerima kepemimpinan ASEAN pada penutupan KTT ke-17 yang digelar di National Convention Centre, Hanoi, Vietnam. ada 10 pemimpin negara ASEAN disaksikan SBY mengambil alih kepemimpinan ASEAN berputar, seperti Presiden Filipina Benigno Aquino, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Thailand Abhisit Vejjajiva, PM Kamboja Hun Sen, PM Myanmar Thein Sein, The Sultan Hassanal Bolkiah Sultan Brunei, PM Bouasone Bouphavanh Laos, PM Vietnam Nguyen Tan Dung.


beberapa mitra ASEAN juga berpartisipasi dalam pertemuan puncak, termasuk PM Jepang Naoto Kan, PM Cina Wen Jiabao, PM Selatan bak Lee Korea Myung-, PM Australia Julia Gillard, PM India Manmohan Singh, Presiden Rusia Dmitry Medvedev, dan PM Selandia Baru John Key.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan visi Indonesia sebagai ketua ASEAN pada kesempatan itu mengatakan Indonesia memandang ASEAN sebuah organisasi yang sangat penting sebagai salah satu referensi untuk pembuatan kebijakan. Ia mengatakan Indonesia akan berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan organisasi.

"Masih banyak ruang untuk ASEAN untuk bekerja untuk menghadapi berbagai tantangan global," katanya. Sebagai kursi ASEAN untuk 2011 Indonesia akan mempercepat gerakan-gerakan untuk menciptakan prestasi yang signifikan, katanya.

"Kami akan mempercepat gerakan untuk mengubah visi menjadi tindakan dan pelaksanaannya menjadi hasil konkret," katanya. Di Indonesia khususnya berkomitmen untuk mewujudkan pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015. Indonesia juga akan mempersatukan negara-negara anggota untuk memperkuat kerjasama ekonomi ASEAN, katanya.

Presiden Yudhoyono menekankan pentingnya pembentukan konsep konektivitas ASEAN di benak semua warga negara anggota ASEAN. Dia mengatakan Indonesia telah misi kepemimpinan yang dikemas dalam tema besar "Komunitas ASEAN dalam Komunitas Global Bangsa."

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Indonesia untuk ketua ASEAN yang mengatakan "Saya berharap Indonesia akan sukses dalam menjalankan fungsinya sebagai ketua ASEAN untuk tahun 2011," katanya. ASEAN didirikan pada 1967 dan kini memiliki sepuluh anggota yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wisssshhhh,,,, slamat untuk Indonesia,,, semoga menjalankan tugas kepemimpinannya dengan baik..
sukses dan maju terus pantang mundur:p

Poskan Komentar

 
Copyright yangcocok.blogspot.com © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.